Saturday, April 27, 2013

Pengertian WOSM Dengan Penjelasannya


kakiku90.blogspot.com
Pengertian WOSM Dengan Penjelasannya | Yohan's Page. WOSM Merupakan kependekan dari The World Organization Of Scout Movement. WOSM adalah Organisasi Kepanduan Sedunia di luar pemerintahan yang menaungi Gerakan Pramuka di Dunia. WOSM ini didirikan pada tahun 1920 da berpusat di Genewa, Swiss. WOSM ini didirikan oleh Robert Baden Powell yang tak lain adalah Bapak Pandu Sedunia.

Wosm memiliki tujuan untuk mendidik kaum muda sesuai dengan Janji Pramuka dan Hukum Pramuka dan juga untuk membantu membangun Dunia agar menjadi lebih baik.

Sebenarnya WOSM ini memiliki teman yang disebut WAGGGS atau World Association of Girls Guides and Girl Scouts. Tetapi sejak tahun 2001 Gerakan Pramuka sudah tidak menggunakan lambang WAGGGS tersebut. Karena Gerakan Pramuka sejak 2001 sudah tidak menjadi Anggota dari WAGGGS tersebut.

WOSM memiliki arti kiasan sebagai berikut :
*     Kompas : Melambangkan suatu peringatan bagi Pandu/ Pramuka agar selalu berbuat kebenaran dan dapat dipercaya seperti fungsi kompas, serta tetap menjaga cita-citanya dan perannya sebagai penunjuk jalan.
*    Treefoil / Bunga dengan Tiga Ujung : Melambangkan tiga janji Pandu / Scout Promise / Trisatya.
*    Dua Bintang : Melambangkan anggota Pandu/ Pramuka berupaya untuk dapat memberi penerangan dan menolong dalam kebenaran dan pengetahuan.
*    Tali melingkar dengan ujung membentuk simpul mati : melambangkan bahwa sesama Pandu/ Pramuka mengadakan hubungan persahabatan dan persaudaraan antar Pramuka di seluruh dunia.
*    Warna Putih melambangkan jiwa yang berhati suci.
*    Warna dasar ungu melambngkan bahwa Pandu/ Pramuka memiliki ketrampilan kepemimpinan dan suka menolong orang lain.


kakiku90.blogspot.com


Sekian Artikel tentang Pengertian WOSM Dengan Penjelasannya. Semoga Artikel tentang Pengertian WOSM Dengan Penjelasannya dapat membantu kakak untuk meningkatkan Pengetahuan Kepramukaannya.

3 comments: